Ahad, 25 Oktober 2009

Unified Modeling Language (UML)

UML merupakan bahasa spesifikasi pendokumentasian yang telah distandarkan untuk mendokumentasikan, menjabarkan spesifikasi sistem dalam medukung pembangunan perangkat lunak sehingga memudahkan komunikasi antar pengembang perangkat lunak pada pengembangan sebuah proyek. Biasanya UML digunakan untuk mendukung pendokumentasian pemrograman yang sudah berorientasi objek


Diagram UML ada beberapa jenis, diataranya:
  1. Diagram Struktur
    • Class Diagram : diagram untuk menjelaskan Class apa saja yang ada pada program dimana setiap class nya menampilkan variable, properti dan method yang ada. pada class tersebut dan hubungan antar class..
    • Component Diagram : diagram yang menggambarkan sistem pada perangkat lunak yang dipecah menjadi bentuk struktur komponen-komponen yang saling ketergantungan satu dengan komponen lainnya. 
    • Diagram Struktur Komposisi : diagram yang menjelaskan struktur internal dari suatu kelas (struktur fungsi/method/subroutine yang terdapat ddidalm kelas)dan kolaborasi yang dimungkinkan didalanya.
    • Deployment Diagram : diagram yang menyajikan model perangkat keras yang digunakan dalam penerapan sistemnya dan eksekusi lingkungannya sistem yang digunakan.
    • Object Diagram : diagram yang menampilkan struktur dari model sebuah sistem dalam bentuk kompleks maupun perbagian pada waktu tertentu.
    • Package Diagram : diagram yang menggambarkan bagaimana sebuah sistem dipecah menjadi bagian-bagian kelompok yang logis dengan menampilkan hubungan ketergantungan antar kelompok-kelompoknya yang dibentuk..
    • Profile Diagram : beroperasi pada tingkatan metamodel
  2. Diagram Perilaku (Diagram yang menjelaskan apa yang harus terjadi pada sistem yang dimodelkan)
    • Diagram Aktifitas : Merepresentasikan bisnis dan operasional alir kerja secara langkah perlangkah dari komponen-komponen pada sebuah sistem
    • State Machine Diagram : Diagram yang telah distandarkan notasi nya untuk menjelaskan banyak sistem, dari program-program komputer sampai proses bisnis.
    • Use Case Diagram : Diagram yang menampilkan kemampuan-kemampuan yang disediakan oleh sistem dari segi Aktor, tujuannya untuk menggambarkan kemampuan apa sajakah yang ada pada sistem yang dapat digunakan oleh aktor dan hubungan ketergantungan antar kasus.
  3. Diagram Interaksi (bagian dari diagram perilaku, menekankan alur kontrol dan data pada sistem yang dimodelkan)
    • Diagram komunikasi : menunjukan interaksi antar objek atau bagian dalam hal pesan berurut. Merepresentasikan dari kombinasi dari informasi yang diambil dari Class, Diagram Use Case, menggambarkan perilkau struktur statis dan dinamis dari sebuah sistem.
    • Interaction Overview Diagram : Jenis dari aktifitas diagram yang mewakili simpul diagram simpul diagram interaksi.
    • Sequence Diagram : memperlihatkan bagaimana objek berkomunikasi antar satu dengan lainnya dalam suatu urutan pesan.
    • Timing Diagram : diagram khusus pada diagram interaksi dimana fokusnya pada pembatasan waktu.

Tiada ulasan: