Jumaat, 20 Ogos 2010

Mengenal Ajax dan JQuery

Dalam dunia persilatan pemrograman Internet sudah barang tentu tampilan yang asyik, cantik, menarik dan interaktif merupakan tampilan yang didambakan oleh sebagian banyak orang. Suguhan website yang interaktif akan memberikan nilai tambah dibandingkan dengan website yang terkesan ala kadarnya. Nah, pada postingan saya kali ini akan memperkenalkan makhluk-makhluk yang dapat digunakan untuk membuat suguhan website yang interaktif.

Pada teknik didunia persilatan didalam jurus pemrograman website, ada makhluk yang bernama AJAX (Asynchronous Javascript and XML) yang biasanya digunakan oleh para webmaster untuk memberikan suguhan website yang interaktif pada halaman website yang dibuat. AJAX bukanlah bahasa pemrograman, namun merupakan teknik pemrograman dengan bahasa JavaScript yang diberlakukan pada sisi Client.

Teknik AJAX ini biasanya digunakan untuk pertukaran data antara aplikasi web disisi client dengan sisi server secara diam-diam (bekerja di belakang layar). Hal ini sudah barang tentu akan meningkatkan interaktif suguhan web serta mempercepat kinerja dari website tersebut, karena pada pertukaran data yang dilakukan hanyalah pada bagian-bagian tertentu saja. Metode ini akan sangat terasa apabila diakases oleh pengguna yang memiliki jaringan internet dengan bandwidth rendah atau Lola (Loading Lama) alias lemot. AJAX merupakan kombinasi dari beberapa teknologi diantaranya DOM, XMLHTTP, XML, JSON. Konon AJAX dipopulerkan oleh Google pada teknologi GMail pada tahun 2004, kemudian diimplementasikan juga pada Google Maps pada tahun 2005.

Pada perkembangan penggunaan Javascript sebagai teknik meningkatkan interaktif untuk suguhan website, selain Ajax ada juga satu makhluk lainnya, yaitu JQuery. JQuery merupakan pustaka kecil Javascript dengan kode sumber terbuka yang menekankan pada interaksi antara Javascript dan HTML. Dengan menggunakan JQuery kita mampu menyuguhkan tampilan HTML interaktif seperti memberi efek, menangkap event suatu objek, melakukan  perubahan-perubahan kecil yang menakjubkan serta melakukan pertukaran data dengan sisi server seperti layaknya AJAX. Pustaka JQuery ini merupakan sebuah file yang berisi rangkaian perintah Javascript yang didalamnya memiliki fungsi-fungsi DOM, event, efek dan AJAX dan dapat diintegrasikan pada halaman website.
cara mengintegrasikannya kedalam dokumen halaman web yaitu dengan memberikan perintah berikut :






<script type="text/javascript" src="jQuery.js"></script>


JQuery pertama kali dikeluarkan oleh John Resig pada Januari 2006 di Barcamp kota New York. Barcamp merupakan Jaringan Internasional yang berfokus pada aplikasi web dan terkait dengan teknologi Open Source.

sumber: (diambil dari beberapa sumber seperti :http://en.wikipedia.org/wiki/JQuery#Bibliographyhttp://en.wikipedia.org/wiki/Ajax_(programming)http://ejohn.org/blog/barcampnyc-wrap-up/)

Tiada ulasan: