Jumaat, 2 Oktober 2009

Generasi Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman merupakan suatu bentuk kode-kode yang disusun dan memiliki aturan dan kegunaan tertentu. Kegunaan dari bahasa pemrograman yaitu untuk membangun perangkat lunak yang dapat membantu pekerjaan manusia.
Generasi Bahasa Pemrograman:


Generasi Pertama 1GL:
Pada awalnya, bahasa pemrograman dikenal dari kumpulan kondisi binary yaitu 0 (off) dan 1 (on) saja. Karena komputer pada dasarnya hanya mengenal kedua kondisi tersebut, sebagaimana kita tahu bahwa Processor sebagai pusat pemrosesan data pada komputer terdiri dari jutaan gerbang logika yang hanya mengenal kondisi ada arus (on) dan kondisi tidak ada arus (off).

Generasi awal ini pula bisa dikatakan sebagai generasi bahasa mesin, dalam penyimpanan data pada generasi ini menggunakan media lembaran kertas yang dibolong-bolong, data yang disimpan berupa kode binary dimana bagian yang dibolongkan sebagai penanda kondisi 1, dan yang tidak dibolong sebagai kondisi 0 dengan aturan jarak yang sudah ditetapkan.

Generasi Kedua 2GL:
Generasi kedua dalam perkembangan bahasa pemrograman yaitu bahasa Assembler (bahasa rakitan). Latar belakang dalam pengembangan bahasa pemrograman generasi kedua ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan program dari generasi sebelumnya, dimana bahasa rakitan ini dibuatkannya instruksi-instruksi yang sudah ditetapkan cara penulisan dan penggunaannya dimana instruksi-instruksi tersebut kemudian dapat dikonversi kedalam bentuk binary.

Generasi Ketiga 3GL:
Generasi ketiga bahasa pemrograman dibuat untuk lebih memudahkan pengembangan perangkat lunak. Bagian perintah-perintahnya sudah mulai mendekati bahasa alami. Bahasa pemrograman pada generasi ini membutuhkan compiler yang akan menkonversi ke dalam bentuk bahasa rakitan yang kemudian dilanjutkan dirubah ke dalam bentuk bahasa mesin. Contoh bahasa pemrograman pada generasi ini adalah seperti bahasa C, Pascal, Basic dan lain sebagainya.

Generasi Keempat 4GL:
Bahasa pemrograman pada generasi ini sudah mulai menggunakan bahasa alami pada sintaksisnya. Contoh pada generasi ini adalah bahasa queri seperti SQL.

Generasi Kelima 5GL:
Bahasa pemrograman pada generasi ini menggunakan antarmuka grafik atau visual, dalam mengembangkan programnya. Pada generasi ini telah menggunakan full konsep Object Oriented Programing, dalam menyusun komponen-komponen untuk pengembangan programnya tinggal men-drag & drop icon-icon yang dibuat.

Tiada ulasan: